Skip to content
Juli 13, 2012 / .*-- My Blog --*.

Ini Dia Alasan Orang Menggerakkan Matanya Saat Berpikir

Mata tak hanya membantu Anda melihat indahnya dunia tetapi menurut sebuah penelitian baru, mata juga bisa merefleksikan perasaan emosional, mempengaruhi memori dan memberi petunjuk tentang cara berpikir Anda.

Dalam dua penelitian terbaru, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa ada lebih banyak informasi yang bisa Anda lihat dari mata lebih dari yang selama ini Anda bayangkan.

Studi pertama yang dipimpin Stephen D. Goldinger dari Arizona State University mengungkapkan bahwa pelebaran pupil merefleksikan penciptaan dan pemulihan memori.

“Padahal selama ini orang-orang mungkin hanya mengetahui bahwa pupil mata yang menyempit dan melebar berfungsi untuk menyesuaikan diri terhadap cahaya, namun ternyata studi yang telah dipublikasikan di jurnal Current Directions in Psychological Science ini juga menemukan bahwa ukuran dan pergerakan pupil mata juga bisa merefleksikan apa yang sedang terjadi di dalam otak, diantaranya penciptaan dan pemulihan memori.

Untuk studi kedua mengungkapkan alasan orang-orang menggerakkan matanya ketika berpikir.

Jika Anda pernah melihat seseorang merenungkan sebuah pilihan atau melamun, mungkin Anda akan menemukan bahwa mata orang yang bersangkutan seringkali bergerak ketika melakukan hal itu.

Karena gerakan-gerakan ini tidak cenderung berkontribusi terhadap informasi visual tentang pemikiran seseorang maka ilmuwan psikologi yang penasaran telah menginvestigasi apakah gerakan-gerakan ini ada fungsinya atau tidak.

Setelah bertahun-tahun diamati, peneliti akhirnya menemukan bahwa gerakan-gerakan ini cenderung terkoneksi pada aktivitas tertentu seperti pencarian informasi dalam ‘kotak’ memori jangka panjang seseorang, namun menekan gerakan ini tidaklah berdampak pada memori seseorang.

Hal ini mendorong ilmuwan untuk percaya bahwa gerakan mata ini mungkin hanyalah sebuah epiphenomenon (gejala kedua) atau fitur lampiran yang tidak lagi dibutuhkan.

https://i2.wp.com/images.kangheru.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/R9dDlAoKCCYAAGS9Tr81/thinking.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: