Skip to content
Juli 13, 2012 / .*-- My Blog --*.

Ini Alasan Penderita Diabetes Perlu Olahraga

Hampir semua orang dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur agar tetap sehat. Tapi pada orang yang memiliki diabetes dianjurkan untuk olahraga scara teratur. Ini alasannya.

Olahraga memang diketahui bisa membantu mencegah terjadinya pengembangan penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat, salah satunya adalah diabetes tipe 2 yang sebagian besar akibat gaya hidup.

Ada beberapa alasan yang membuat penderita diabetes pelu melakukan olahraga, yang pertama untuk mengurangi tingkat gula darah dan kedua untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Pada penderita diabetes tipe 2 olahraga penting untuk manajemen berat badan yang lebih baik.

Selain itu olahraga dapat meningkatkan efisiensi insulin, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, membangun kekuatan otot serta mengontrol gula darah yang dimiliki.

Untuk itu dengan olahraga teratur bisa membantu mengontrol penyakit ini. Olahraga yang bisa dilakukan meliputi latihan kekuatan yang diselingi kardio seperti latihan beban, berlari.

Sebelum melakukan olahraga, pastikan penderita memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara menyeluruh. Jika lampu hijau sudah diberikan oleh dokter, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan penderita diabetes saat olahraga yaitu:

1. Jika mengalami sakit misalnya merasa lemah, peningkatan denyut jantung dan berkeringat lebih dari biasanya selama berolahraga maka segera berhenti. Ini untuk menghindari kerusakan jaringan dan juga sendi.
2. Jangan lupa untuk mencatat kadar gula darah sebelum dan setelah olahraga.
3. Pastikan membawa makanan ringan yang manis disaku saat olahraga, jika merasa gula darah turun segera konsumsi.
4. Kenakan sepatu yang nyaman untuk menghindari luka atau cedera.
5. Mengonsumsi air yang cukup sebelum melakukan olahraga.

Selain olahraga dengan teratur, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar diabetes tetap terkontrol dan tidak mengganggu kehidupan yaitu manajemen stres dengan lebih baik, serta melakukan pemeriksaan secara teratur.

http://yolandarohmah.files.wordpress.com/2010/04/kartun.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: